Mencicipi Olahan Ikan Tai dari Negari Tirai Bambu Ini

Screenshot_27
ORANG Jepang populer juga akan kegemarannya konsumsi ikan. Letak geografis perairan Jepang yang disebut tempat pertemuan arus laut hangat serta dingin, buat negara itu mempunyai sumber daya ikan melimpah.

Ikan tai (sea bream) adalah satu diantara type ikan yang banyak diketemukan di Laut Jepang serta Laut Pasifik Utara. Terkecuali hidup di laut terlepas kedalaman 30-200 mtr., ikan ini dibudidaya di prefektur Ehime serta Mie.

chef Populer Ungkap 7 Kekeliruan Paling besar waktu Santap Kuliner Jepang
Ikan yang sepintas mirip ikan kakap merah ini umum dikonsumsi dengan nasi (sushi) atau dikonsumsi mentah (sashimi), seperti laiknya sajian ikan yang banyak diketemukan di restoran-restoran Jepang di Indonesia.

Sekian waktu lalu, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengenalkan sajian memiliki bahan ikan tai pada beberapa jurnalis di Jakarta.

Dua type sajian ikan tai, yaitu sashimi (sugata-zukuri) serta nasi ikan (tai-meshi), dibuat spesial oleh juru masak tempat tinggal Duta Besar Jepang, chef Hori.

Chef Hori pertama-tama menerangkan serta mempraktikkan ike-jime, yakni tehnik memotong nadi di dekat insang ikan yang masih tetap hidup untuk mengalirkan darah ikan, untuk melindungi rasa serta kwalitas.

Untuk orang Jepang yang punya kebiasaan memakan ikan dalam kondisi mentah, darah mesti di hilangkan terlebih dulu karna buat ikan merasa amis serta ikan mesti sesegera mungkin saja dipotong saat masih tetap hidup supaya sedikit perlawanan. ” Perlawanan atau penderitaan ikan juga akan kurangi rasa-rasanya, ” papar chef Hori.

Bila tidak segera dibuat sesudah di tangkap, ikan mesti selekasnya dimasukkan dalam ruang atau almari pendingin. Tehnik ini dimaksud nojime.

Tai-meshi dibuat dengan beberapa bahan, diantaranya beras Jepang, kaldu yang telah dibuat dengan shoyu, garam, serta bumbu-bumbu, dan daging ikan. Kaldu didapat dari rebusan air serta tulang-tulang ikan yang terlebih dulu dipanggang supaya kurangi bau amis ikan.

Perbandingan komposisi beras serta air yaitu 1 : 1, lalu dibuat dalam wadah tanah liat sepanjang 30 menit sampai mendidih dengan memakai api besar. Sesudah mendidih, yang diikuti dengan uap panas keluar dari lubang diatas tutup wadah, api dikecilkan lalu dinanti kembali 12 menit.

Kemudian, matikan api serta sistem paling akhir yaitu membenahi irisan ikan tai diatas nasi yang sudah masak lalu ditutup serta dinanti 20 menit. Irisan ikan diatas nasi juga akan masak dengan uap panas yang datang dari nasi.

Sesudah masak, tai-meshi tinggal dihidangkan dalam beberapa mangkok kecil serta dikonsumsi memakai sumpit. Untuk buat sugata-zukuri, sesungguhnya akhirnya lebih sederhana. Ikan tai yang telah dibikin bersih dari sisik, darah, serta organ-organ dalam, dipotong serta dipisahkan dari tulang dan kulitnya (fillet).

Daging ikan yang telah terpisah dari tulang serta kulit bisa dipotong dengan dua type berdasar pada serat ikan, yaitu bentuk potongan datar (hirazukuri) serta bentuk potongan melengkung (sogizukuri).

Orang Jepang sendiri mengklaim langkah pemotongan daging ikan juga akan merubah struktur daging waktu dikonsumsi. Potongan hirazukuri dagingnya merasa lebih simak, sedang potongan sogizukuri dagingnya merasa lebih lunak. ” Yang perlu di perhatikan dalam sistem buat sashimi yaitu kebersihan pisau serta talenan karna ikan juga akan dikonsumsi dalam kondisi mentah, ” tutur chef Hori.

Sashimi umumnya disantap dengan sayur yang dapat pula digunakan jadi penghias (garnish), yakni lobak, wortel, timun, daun oba, serta wasabi. Terkecuali jadi pelengkap, sayuran itu bermanfaat untuk kurangi rasa amis ikan serta buat mulut jadi lebih fresh.
Lewat cara memakan begini, beberapa pengagum kuliner Jepang dapat rasakan struktur asli ikan tai yang simak sekalian empuk –mirip sashimi ikan salmon. Sedang daging ikan tai dalam tai-meshi rasa-rasanya begitu gurih, cocok digabung dengan nasi Jepang yang pulen serta memiliki tekstur agak lengket.

Ke-2 sajian ikan tai itu jadi semakin komplit waktu disantap dengan sup yang diisi tahu serta rumput laut. Walau bumbu serta langkah memasaknya termasuk simpel, olahan ikan tai jadi primadona dalam acara pengenalan kuliner Jepang siang itu.